LSP SMK SMAK PADANG GELAR UKOM SEBANYAK 1426 SISWA

Padang, 18 Maret 2021

Lembaga Sertifikasi Profesi  SMK-SMAK Padang gelar Uji Kompetensi (UKOM) sebanyak 1426 siswa mulai dari kelas XI sampai kelas XII , dan diuji oleh 51 Asesor BNSP. Kegiatan ukom ini sudah dimulai sejak Senin kemaren 15 Maret 2021 sampai dengan 26 Maret di Laboratorium Tempat Uji Kompetensi (TUK) SMAK Padang dilaksanakan perhari ( lima ) kelas . Ukom hari pertama  dibuka langsung oleh Drs.Nasir selaku Kepala SMK SMAK Padang di dampingi oleh Yeni Hermayanti, M.Si, sebagai Ketua LSP SMK SMAK Padang.

 

 

LSP adalah lembaga sertifikasi profesi pihak 1 yang terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk melakukan uji kompetensi sesuai dengan ruang lingkup sertifikasi yang diberikan untuk menjaga kredibilitas lembaga sertifikasi.

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang akan diuji sebanyak 13 ( tiga belas ) Klaster.

Nasir menjelaskan tujuan dari LSP ini yaitu Menjadikan Lembaga Sertifikasi Profesi sebagai lembaga independen yang terpercaya dalam mewujudkan tenaga laboratorium penguji dan / atau analis kimia yang kompeten, mandiri, dan mampu bersaing secara global.

"Harapan saya ukom ini berjalan dengan lancar sehingga siswa yang melakukan ukom bisa direkomendasi sebagai analis kompeten yang mendapatkan sertifikat dari BNSP Jakarta.

Selanjutnya Ketua LSP Yeni Hermayanti juga membeberkan bahwa,  "Dalam tiap tahun Ukom ini ditargetkan minimal 3000 siswa yang akan ukom, sebelumnya ujian pratikum bergabung dengan kurikulum sebagai ujian pratikum yang dilaksanakan oleh guru mata pelajaran tersebut, namun kita sudah mengefisiensikan kegiatan ujian pratikum masuk ke ujiam kompetensi langsung dikelola oleh LSP SMAK sendiri, yang dulunya pisah antara ujian pratikum dan ukom ", tutur Yeni.