Pelaksanaan Swab Test Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, serta Siswa Kelas XIII

 Padang, 26 Oktober 2020.

Makin hari, jumlah orang yang positif terinfeksi virus corona di Indonesia kian bertambah. Sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit lebih luas lagi, pemerintah mengeluarkan pedoman pemeriksaan, termasuk rapid test dan PCR test. Khususnya di beberapa wilayah yang tercatat memiliki kasus tinggi. Tes PCR atau swab test adalah salah satu pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi Covid-19. Kementerian Perindustrian berupaya memutus rantai covid-19 ini dengan cara mewajibkan pegawainya untuk melakukan Swab Test tersebut. Atas dasar itulah SMK SMAK Padang sudah melakukan Swab test terhadap tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada tanggal 15 Oktober 2020.

 

Sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasai seseorang sesuai dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional atau standar khusus. Standar Kompetensi adalah pernyataan yang menguraikan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan saat bekerja serta penerapannya, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri).

Untuk menghasilkan SDM Industri yang mampu bersaing di dunia kerja dunia industry (DuDi). SMK SMAK Padang melakukan Uji Kompetensi sebagai prasyarat untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi atau Sertifikat Profesi yang diikuti oleh siswa kelas XIII pada akhir masa pendidikan.

Maka dari itulah dalam rangka akan diadakannya uji kompetensi kepada siswa kelas XIII, maka  SMK SMAK Padang mengadakan dan mewajibkan Swab Test yang dimulai dari tenaga pendidik dan kependidikan, selanjutnya diikuti oleh siswa yang akan melakukan tugas praktek dan uji kompetensi LSP_P1 di sekolah, kemudian dilanjutkan lagi dengan Uji Kompetensi International Hobart Technologi dari Australia.

Dalam pelaksanaan kegiatan uji kompetensi ini, siswa dan guru akan diberikan masker dan faceshield, tetap menjaga jarak dengan cara membatasi jumlah siswa yang akan diuji di laboratorium, disamping itu sekolah juga terus menyediakan handsanitizer di tiap ruangan dan laboratorium, ujar Kepala SMK SMAK Padang Drs.Nasir.

 

 Dokumentasi Tim GPR SMK SMAK Padang