STUDY BANDING KUNJUNGI INDUSTRI, SISWA SMK SMAK DI DALAM/LUAR NEGERI

Padang, 11 Juli 2019

 

Demi memberikan hasil yang maksimal pada program praktik, siswa dituntut untuk melakukan analisis lapangan sekaligus inovasi, informasi dan teknlogi bidang ilmu kimia analisis. Memperkuat pengetahuan mereka diakhir rangkaian skedul pembelajaran melakukan studi banding pada industri – industri yang secara umum dikenal kredibilitasnya secara baik.

 

Program studi banding ini ditujukan untuk melihat bagaimana pola kerja dalam suatu industri yang bisa di jadikan bekal pengetahuan awal siswa sebelum nantinya mereka melaksanakan Praktek Kerja Industri, atau nantinya di saat mereka di rekrut oleh industri.. Melalui studi banding juga, setiap siswa diharapkan termotivasi untuk menerapkan budaya kerja yang di terapkan oleh industri.

Studi banding industri ini menjadi sarana bagi para siswa untuk lebih membuka wawasan terhadap dunia industri lebih dini. Setelah selesai mengikuti kunjungan industri ini diharapkan siswa dapat memahami medan pekerjaan yang akan mereka geluti setelah lulus dari sekolah

Studi Banding ini merupakan wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan inovasi akademik khususnya di SMK SMAK Padang sebagai sebuah kekuatan yang besar serta untuk menyegarkan dan menggali kembali potensi-potensi yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Sehingga nantinya kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi siswa untuk menjalankan perannya kembali, sebagai sebuah elemen sumber daya Industri.

Studi banding adalah sistem pengujian di mana program ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan sistem pembelajaran yang didapat di SMK SMAK Padang dengan realita kerja di Industri yang khususnya . Dengan melakukan studi banding, mahasiswa dapat menambah wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta inovasinya

 A.    Maksud dan Tujuan

  1. 1.      Maksud Kegiatan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan siswa dalam realita di dunia industri, baik industry yang ada di dalam negri maupun di luar negeri. Hal ini akan memberikan suatu motivasi dan penanaman sikap kerja pada siswa sebagai bekal awal pengetahuan mereka di industri.

  1. 2.      Tujuan Kegiatan
  • Melakukan pengamatan terhadap proses kerja produksi di industri.
  • Membandingkan dan meniru etos kerja industri untuk diterapkan nantinya di saat Siswa Prakerin / ditempat dia bekerja nantinya
  • Memberikan motivasi pada siswa untuk meningkatkan kualitas akademiknya
  • Menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berinovasi

 

  1. B.      Jadwal Kegiatan

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 240 siswa kelas XII SMK SMAK Padang, 9 orang Guru Pendamping dan 3 Orang Komite Sekolah. Jadwal kegiatan adalah sebagai berikut :

Hari                 : Rabu s/d Selasa

Tanggal           : 10 s/d 16 Juli 2019

Tempat            : Industri di Malaysia, Singapura, dan Batam

 

  1. C.    Daftar Industri yang dikunjungi

Berikut daftar industry yang akan di kunjungi :

1)      Kilang Coklat

2)      Yakult

3)      Indah water

4)      Sime Darby

5)      Sirim Sdn Bhd

6)      Forensik PDRM

7)      Putra Jaya University

 

Dokumen Foto :

 

 

Add comment


Security code
Refresh