Pelaksanaan Uji Kompetensi LSP-P1 SMK SMAK Padang

PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI SMK SMAK PADANG

Padang, 2 Juli 2019,

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.

 

SMK SMAK Padang merupakan salah satu lembaga pelaksana sertifikasi kompetensi yang telah mendapatkan lisesnsi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, LSP-P1 SMK SMAK Padang mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja

 

FUNGSI DANTUGAS LSP SMK SMAK PADANG.

Sebagai sertifikator yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi, LSP-P1 SMK SMAK Padang memiliki tugas sebagai berikut :

  1. Membuat materi uji kompetensi;
  2. Menyediakan tenaga penguji (asesor);
  3. Melakukan assesmen;
  4. Menyusun kualifikasi dengan mengacu kepada KKNI;
  5. Menjaga kinerja asesor dan personil di TUK;
  6. Membuat materi uji kompetensi;
  7. Pengembangan skema sertifikasi.

Sebagai developer yang memelihara sekaligus mengembangkan standar kompetensi, LSP SMK SMAK PADANG memiliki tugas sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi kebutuhan kompetensi Industri;
  2. Mengembangkan standar kompetensi;

Mengkaji ulang standar kompetensi.

Add comment


Security code
Refresh