SMK-SMAK Padang Raih Penghargaan  Zona Integritas 2018

13 December 2018 10:10 WIB

Berkomitmen Tingkatkan Pelayanan Publik, Bebas dari Korupsi

SMK-SMAK Padang membuktikan diri sebagai unit kerja yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi. Hal ini mengantarkan Sekolah Menengah Analis Kimia ini meraih apresiasi Zona Integritas 2018 dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Penghargaan tersebut diterima Kepala SMK-SMAK Padang, Nasir dari Menteri PAN-RB Syafruddin pada gelaran apresiasi Zona Integritas di Hotel The Sultan, Senin (10/12).

 

SMK-SMAK Padang bersama 205 unit kerja lainnya se-Indonesia dinilai berhasil dalam pembangunan Zona Integritas yang merupakan miniatur dari implementasi reformasi birokrasi. Ini bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang aktif dan efisien, bersih dan akuntabel, serta berorientasi pada pelayanan publik yang bebas korupsi. Adapun dari 205 unit kerja yang berhasil melakukan pembangunan Zona Integritas, 5 unit kerja mendapatkan  predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dan 200 unit kerja mendapatkan WBK.

 

Sedangkan SMK-SMAK Padang adalah salah satu dari 7 unit kerja di bawah Kementerian Perindustrian yang meraih apresiasi Zona Integritas dengan WBK terbaik tahun ini. Dalam kesempatan itu, Menpan-RB menyampaikan apresiasinya kepada seluruh unit kerja yang telah menunjukkan keteladanan dengan komitmen yang kuat untuk mewujudkan integritas dalam pemerintahan yang profesional. “Reformasi birokrasi bukan sekadar retorika atau slogan semata. Reformasi birokrasi itu nyata dan terukur.   Ia menjadi napas dalam pemerintahan yang lebih profesional. Ia dibangun melalui kerja keras dijiwai karakter dan integritas yang kuat sehingga mampu menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas,” papar Syafruddin. Sementara itu, Kepala SMK-SMAK Padang, Nasir usai menerima penghargaan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya dan seluruh warga sekolah yang telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik.

Ia menjelaskan, upaya untuk mewujudkan Zona Integritas di lingkungan SMAK Padang di antaranya kampanye stop gratifikasi terhadap siswa, orang tua siswa dan stakeholders lainnya. Di samping itu juga dilakukan pengembangan inovasi di bidang paten hasil inobasi analisis terpadu, jurnal penelitian ber-ISSN, student and teacher exchange, sekolah adiwiyata dan sekolah sehat, kurikulum dual system dan system informasi. Nasir berharap, prestasi ini dapat terus ditingkatkan sehingga tahun berikutnya SMAK Padang memperoleh predikat WBBM. (*)

Dokumen Foto :

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh