Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Produktif Kimia Analisis di SMK SMAK Padang

Padanrg, 25 Oktober 2018,

PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) Guru Produktif Kimia Analis

Program Guru Pembelajar pernah dilaksanakan tahun 2016 lalu yang kemudian berubah nama menjadi program PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di tahun 2017 lalu.

Untuk melanjutkan program PKB tersebut maka Kemdikbud kembali membuka program tersebut hanya saja diubah namanya menjadi Program Diklat Guru. Ini tertuang dalam pedoman umum PKB yang baru saja admin dapatkan dari admin PKB kabupaten. Berikut ini sekilas penjabarannya:

 

Program Diklat Guru dilaksanakan berbasis komunitas guru dan tenaga kependidikan (komunitas GTK).

Pemberdayaan komunitas GTK melalui Pusat Kegiatan Gugus/ Kelompok Kerja Guru (KKG), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS) serta Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS) merupakan salah satu prioritas program Ditjen GTK.

Oleh karena itu, Ditjen GTK melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (LPPPTK KPTK), Dinas Pendidikan dan instansi publik lainnya menyelenggarakan Program Diklat Guru berbasis komunitas GTK.

Program Diklat Guru terbagai menjadi dua rancang bangun program diklat. Rancang bangun program diklat yang pertama adalah program diklat bagi guru kelas, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan konseling yang pola peningkatan kompetensinya menggunakan acuan 10 modul Diklat dan diakhiri dengan post test.

Rancang bangun program diklat yang kedua adalah yang diberlakukan bagi guru kejuruan atau guru kompetensi keahlian. Rancang bangun program diklatini dibangun dari kebutuhan lulusan SMK yang harus link and match dengan kebutuhan kompetensi dunia usah dan industri.

Dokumen Foto Kegiatan :

 

Add comment


Security code
Refresh