Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Produktif Kimia Analisis di SMAK Padang

SMK - SMAK Padang Jadi Tuan Rumah PKB Guru Produktif

Padang, 22 Oktober 2018

SMK - SMAK Padang ditunjuk sebagai Pusat Belajar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diselenggarakan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Pertanian Cianjur. Kegiatan yang diikuti sebanyak 20 orang guru sekolah kejuruan yang masuk ranah binaan lembaga tersebut dimulai kemarin (Senin, 22/10/2018) hingga 10 hari ke depan.

 

Sebagai tuan rumah, Kepala SMK-SMAK Padang Drs. Nasir mengatakan, pihaknya sangat mendukung program PKB ini. Terlebih saat ini SMK-SMAK Padang yang ditunjuk sebagai Pusat Belajar dari kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menguasai kompetensi pedagogik dan peningkatan profesionalisme serta performa guru dalam tugasnya," kata Nasir disela kegiatannya.

Sekolah vokasi Kementerian Perindustrian ini dinilai tempat yang tepat untuk pusat pembelajaran program PKB, selain memiliki fasilitas yang memadai juga berbasis kimia analis.

"Sebanyak 10 orang guru SMK-SMAK Padang memgikuti PKB ini. Selebihnya guru-guru dari sekolah kejuruan," ujarnya.

Sementara itu, Kasubbag Perencanaan Anggaran PPPPTK Pertanian Cianjur, Sri Purwaningsih mengatakan, program pengembangan keprofesian berkelanjutan ini dilaksanakan di SMK - SMAK Padang karena memang berbasis kimia analis dan merupakan sekolah yang tercakup dalam wilayah PPPPTK Pertanian.

"Penunjukkan SMK-SMAK Padang dilkukan setelah memetakan sejumlah sekolah di seluruh Indonesia yang memiliki kejuruan kimia analis," ujarnya.

Adapun PPPTK Pertanian di Cianjur adalah Unit Pelaksana Pendidikan, lembaga ini di bawah Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk diketahui, Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) milik Kementerian Perindustrian hanya ada 3 di Indonesia, salah satunya di Padang yang berlamat di Jalan Alai, Kecamatan Pauh. Saat ini merupakan sekolah terbaik yang direkomendasikan sebagai role model pendidikan vokasi industri di Indonesia. SMK ini memiliki fasilitas laboratorium yang canggih, nyaris setara dengan industri.Lulusannya mengantongi sertifikasi internasional dan memenuhi kompetensi yang dibutuhkan dunia industri sehingga hampir seratus persen diserap bekerja.

Add comment


Security code
Refresh