Kecakapan Komunikasi Internasional Antarkan Siswa SMAK Padang ke Dunia Industri

 

PADANG, 27 Juli 2017

Foto Meri Surianti.Guna mempersiapkan siswa memasuki dunia industri, Sekolah Menengah Analis Kimia (SMAK) Padang mengikuti program Vocation Institutional English Readiness Assesment (VIERA). Sebanyak 192 siswa kelas XII mendapatkan bantuan sertifikasi internasional dalam kecakapan komunikasi Bahasa Inggris.

Menurut Kepala SMAK Padang, Drs. Nasir, sertifikasi Test dengan target nilai tertinggi 450 menjadi keharusan karena menjadi nilai tambah untuk masuk dunia industri. Ini dibuktikan dengan sertifikat TOEIC yang sudah dikantongi siswa.

"Tahun ini SMAK Padang mendapatkan bantuan sertifikasi komunikasi internasional dari Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," kata Nasir di kantornya usai meninjau pelaksanaan tes VIERA di salah satu ruangan, Kamis (27/7/2017).

 

Nasir mengakui, kemampuan komunikasi internasional bagi siswa SMAK Padang akan mendukung karir di dunia kerja. Dengan sertifikat tersebut, lulusan SMAK Padang berpeluang mendapat kerja di industri-industri besar luar negeri.

"Dengan sertifikat kemampuan komunikasi Bahasa Inggris ini, lulusan SMAK Padang dapat di terima di perusahaan besar luar negeri," ujarnya.

Selama ini, karena rata-rata siswa memiliki kecakapan komunikasi internasional, sekolah yang bernaung di bawah Kementerian Perindustrian itu selalu dilirik dunia industri. Sejumlah perusahaan besar dalam negeri setiap tahun melakukan rekrutment langsung ke sekolah. Bahkan beberapa perusahaan asing dari Singapura dan Thailand juga mengambil tenaga dari SMAK Padang. Belakangan perusahaan dari China juga sudah menerima dan membiayai siswa SMAK Padang untuk mengikuti praktek kerja industri (Prakerin).

"Kesiapan memasuki dunia kerja terus ditingkatkan sesuai perkembangan dan kebutuhan tenaga industri," imbuh Nasir.

Sekolah yang menerpakan masa belajar selama empat tahun ini memang membuktikannya dengan tingginya serapan kerja. Sehingga Walikota Padang Mahyeldi juga memberikan atensi khusus dan mengharapkan penambahan penerimaan siswa.

"Peningkatan daya tampung dan menambah penerimaan siswa sudah kita wujudkan seperti yang pernah diminta Walikota Mahyeldi," tukas Nasir.

FOTO: Kepala SMAK Padang Drs. Nasir tengah meninjau siswa yang mengikuti tes sertifikasi internasional TOEIC.

 

 

Foto Meri Surianti.

Foto Meri Surianti.

Add comment


Security code
Refresh