UJI KOMPETENSI SERTIFIKAT III HOBART TECHNOLOGY AUSTRALIA

Jumat , 31 Maret 2017

Sekolah Mengengah Kejuruan SMAK Padang membekali calon lulusannya dengan sertifikat kompetensi dari CBNSP dan sertifikat III dari Australia. Hal ini bertujuan guna mempersiapkan lulusan yang kompeten juga untuk menjaga kepercayaan dunia industri terhadap sekolah. Kepala SMK SMAK Padang Drs. Nasir menjelaskan bahwa SMK SMAK Padang bekerjasama dengan lembaga pendidikan luar negeri untuk memantau kurikulum serta kualitas pengujian di laboratorium, kerja sama SMK SMAK Padang dengan Hobart Technology Australia ini sudah berjalan empat tahun. Setiap tahun Mr. Rupert Asesor Kompetensi dari Hobart Technology datang ke SMK SMAK Padang untuk melakukan asesmen kepada siswa kami.

 

Dengan asesment ini lulusan SMK SMAK Padang telah mendapat pengakuan international sehingga saat lulus nanti sudah mengantongi sertifikat kompetensi internasional. Sekolah Menengah Kejuruan SMAK Padang telah melaksanakan uji kompetensi dengan Hobart Technology untuk ke empat kali yang berlangsung mulai tanggal 27 – 31 Maret 2017. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini yaitu siswa memiliki pengakuan kompetensi sebagai seorang analis kimia sesuai dengan standart internasional. Kegiatan ini diikuti oleh 75 siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik dan kecapakan berbahasa Inggris yang aktif.

Pada uji kompetensi ini, siswa menunjukkan kriteria unjuk kerja menganalisis sampel dengan menggunakan metode proximat dan spektrofotometri, serta mengembangbiakan bakteri pada media tumbuh dengan menggunakan teknik antiseptik. Selain itu, ada enam orang perwakilan siswa menjalani sesi wawancara dengan Rupert Badcock selaku asesor dari Hobart Technology. Adapun materi yang dikonfirmasikan terkait kemampuan siswa mengantisipasi kesalahan kerja di laboratorium, penanganan limbah hasil pengujian, bagaimana mengembangkan komunikasi yang efektif dengan teman sejawat, serta bagaimana siswa mengintepretasikan hasil analisis yang telah didapat. Sesi ini dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMK SMAK Padang telah siap terjun ke dalam pasar kerja global.

Terkait dari pemantauan yang dilakukan, ketua LSP-P1 SMK SMAK Padang Ibu Sylvi manyatakan, saat ini kemampuan siswa sudah di level III atau sertifikat III in laboratory Skill. Dengan kemampuan ini siswa sudah mampu memasuki dunia industri untuk bekerja pada bidang pengujian.

 

DOKUMENTASI FOTO :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh