ON-SITE EVALUATION SNI AWARD 2016

 Kamis, 20 Oktober 2016

SNI Award adalah salah satu program dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya. Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar.

 

SMK SMAK Padang sebagai lembaga pendidikan menengah kejuruan yang mencetak sumber daya manusia (SDM)  industri turut berpartisipasi aktif dalam penerapan dan edukasi Standar Nasional Indonesia (SNI). SMK SMAK Padang sejak tahun 2015 telah mengikuti ajang ini. Harapan ke depan SMK SMAK Padang dapat menjadi role model organisasi dalam penerapan SNI dengan kategori baik.

Untuk tahun 2016, SNI award yang dilaksanakan sudah memasuki tahun ke-12 (SNI tahun I pada 2005). Sejak tahun 2015, SNI Award ini dilaksanakan dengan pemberian penghargaan berdasarkan levelling penerapan SNI yaitu Platinum, Emas dan Perunggu. Dari 108 pendaftar SNI Award tahun 2016, SMK SMAK Padang termasuk dalam 50 organisasi yang lulus seleksi administrasi dan desk evaluation sehingga dilakukan on-site evaluation ke SMK SMAK Padang oleh evaluator dari BSN.

On-Site Evaluation di SMK SMAK Padang dilaksanakan selama 1 hari pada Kamis, tanggal 20 Oktober 2016 dengan 2 evaluator dari BSN yaitu Bapak Singgih Haryanto dan Ibu Ratih Aulia. Pada kesempatan ini dilakukan verifikasi kesesuaian antara kuisioner SNI Award yang telah dikirimkan SMK SMAK Padang dengan kondisi dan dokumen yang ada di sekolah. Evaluator juga mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dan nelihat bukti/ evidence di SMK SMAK Padang. Hasil ini selanjutnya akan diserahkan sebagai bahan penilaian untuk dewan juri yang independen, terdiri dari perwakilan pemerintah (BSN, Kemendikbud, Kemenristek DIKTI), asosiasi industri maupun asosiasi dan lembaga lainnya. Hasil penilaian dari dewan juri akan diumumkan pada penganugerahan SNI Award 2016 tanggal 16 November 2016 di Jakarta. Harapan ke depan SMK SMAK Padang dapat menerima penghargaan di salah satu kategori perunggu, emas dan jika memungkinkan platinum. Aamiin...

Dokumentasi Kegiatan :

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh