PERTUKARAN PELAJAR SEAMOLEC SMK SMAK PADANG DENGAN PHOTARAM TECHNICAL COLLEGE THAILAND

 

Senin, 3 Oktober 2016 

Pertukaran pelajar antar negara – negara ASEAN merupakan kesempatan emas untuk siswa SMK - SMAK Padang untuk meningkatkan kompetensi dan memperdalam kapasitas bernalar. Kesempatan tersebut disediakan oleh SEAMOLEC, yakni lembaga yang mewadahi kementerian – kementerian pendidikan yang ada di kawasan ASEAN, untuk saling bekerjasama dengan mewadahi jalinan kerjasama pendidikan berskala internasional. Berada di bawah lembaga ini pula, SMK SMAK Padang telah melaksanakan program pertukaran guru dan pelajar dengan Photharam College di Thailand, semenjak tahun 2015.

 

Pelajar dari masing – masing sekolah berkesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas dan laboratorium selama satu bulan, yang kemudian dilanjutkan dengan program magang ke perusahaan selama satu bulan. Pada tahun pelajaran 2016 – 2017 ini, SMK – SMAK Padang mengirimkan dua siswa untuk mengikuti program pertukaran pelajar di Photharam College, Thailand dengan atas nama Vella dan Qarina. Di Thailand mereka belajar mengenai textile dan kebudayaan setempat.

Menurut Qarina yang telah kembali ke Indonesia pada awal Oktober 2016, “Program pertukaran pelajar untuk masa yang akan datang harus tetap berlangsung, karena dapat menambah wawasan kita tentang sesuatu yang baru, khususnya wawasan tentang textile. Kami juga berkesempatan melancarkan kecakapan berbicara dalam Bahasa Inggris, serta dapat mengasah kemampuan yang dimiliki.” Pengalaman belajar ini merupakan pengalaman berharga yang tidak hanya dimiliki oleh siswa yang bersangkutan, namun juga menjadi motivasi untuk adik – adik kelasnya untuk memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Serta hal tersebut merupakan refleksi berharga bagi SMK – SMAK Padang, bahwa kami harus lebih meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, agar lulusan kami mampu bersaing sebagai seorang analis kimia di pasar kerja internasional, khususnya di kawasan ASEAN.

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh