PELATIHAN PEMBELAJARAN BERBASIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN & KESEHATAN KERJA (SMK3)

 

Padang,  14 – 16 Juli 2016,

 

Pelaksanaan kegiatan pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat mengurangi dan atau bebas dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan telah mengamanatkan antara lain : setiap tempat kerja harus melaksanakan upaya kesehatan kerja agar tidak terjadi gangguan kesehatan pada pekerja, keluarga, masyarakat, dan lingkungan di sekitarnya (www.depkes.go.id, 2009).

 

Setiap perusahaan / instansi yang mempekerjakan tenaga kerja sebanyak seratus orang atau mengandung potensi bahaya yang ditimbulkan oleh karakteristik proses atau bahan produksi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja wajib menerapkan SMK3. Pelaksanaan SMK3 dilakukan oleh pengurus, pengusaha dan seluruh tenaga kerja sebagai satu kesatuan.

Pemerintah melalui UU No 1 tahun 1970 telah menetapkan kewajiban bagi  perusahaan untuk memberikan jaminan keselamatan kerja kepada para pekerja. Pemerintah memberi perhatian penuh agar prinsip- prinsip keselamatan kerja diterapkan pada organisasi, perusahaan ataupun bidang usaha yang memperkerjakan karyawan. Melalui PP No 50 Tahun 2012, Pemerintah memberi petunjuk teknis tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta teknis penerapan dan auditnya.

Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja – PP NO. 50 TAHUN 2012 sudah merupakan suatu keharusan. Manajemen yang baik tentu diharapkan akan menghasilkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja layanan terbaik.

Demikian halnya dengan SMK SMAK Padang, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan SMK yang berprestasi di kota Padang, penerapan sistem manajemen ini merupakan sebuah keniscayaan dalam rangka mengikuti perkembangan dan tingkat pelayanan yang makin baik kepada para stakeholdernya. Pelaksanaan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan bukti komitmen SMK-SMAK Padang dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja pada setiap elemen di sekolah.

 

Add comment


Security code
Refresh