Mol: Satuan Paling Penting Kimiawan

Kimiawan melakukan banyak hal dalam laboratorium mereka. Salah satu contohnya adalah menentukan kuantitas suatu zat yang terkandung di dalam suatu materi, atau melakuakan sisntesis suatu senayawa. Pekerjaan ini tak luput dari pertanyaaan sebera banyakkah sesuatu yang ada disana? atau seberapa banyak zat yang bisa saya dapatkan?

Agar bisa mendapatkan jawaban pertanyaan diatas maka Kimiawan menggunakan persamaan reaksi sebagai dasar perhitungan mereka. Adapun dalam perhitungan ini tentu saja melibatkan suatu besaran yang nantinya bisa mengubungkan antara dunia mikroskopik (dalam hal ini atom, molekul, atau ion) dengan dunia makroskopik (dalam hal ini materi yang terdapat dialam yang dapat ditimbang dengan mudah).

Nah besaran yang menghubungkan ini kita namakan dengan ‘mol‘. Mol mewakili suatu bilangan yang besarnya adalah 6,022×1023 yang biasanya di sebut sebagai bilangan Avogadro, nama ini dipakai sebagai penghargaan kepada ilmuwan Amedeo Avogdro yang berperan penting dalam perkembangan prinsip mol.